Kepala P4TK Malang Menutup Workshop KAB Awareness di Ende

June 16, 2009 at 11:45 am Leave a comment

pak imam--Kegiatan TOT Know About Business (KAB) di daratan Timor yang dipusatkan di Kupang telah selesai. Kegiatan TOT KAB di Kupang terdiri dari 3 kelas untuk guru-guru SMK dan 3 kelas untuk guru SMA. Jumlah seluruhnya yang mengikuti TOT KAB dari daratan Timor adalah sebanyak 132 guru SMK dan SMA, yang kami mulai kegiatannya dari bulan November 2008 yang lalu dan berakhir pada bulan Mei 2009.

Setelah menyelesaikan kegiatan TOT di Kupang, kami beralih ke daratan Flores. Di daratan Flores yang menjadi target adalah sebanyak 32 SMK dan 17 SMA artinya yang akan mengikuti TOT Know About Business (KAB) terdiri dari 64 guru SMK, dan 34 guru SMA.

suwadi-Sebagai awal dari semua kegiatan TOT Know About Business (KAB) di daratan Flores, kami menyelenggarakan Workshop KAB Awareness pada tanggal 1-2 Juni 2009 yang lalu di Hotel Safari Ende, Jl. Ahmad Yani No 75 G Ende Flores. Peserta dari kegiatan ini adalah para Kepala Sekolah yang sekolahnya menjadi target project East ini, yaitu terdiri dari 32 Kepala SMK, dan 17 Kepala SMA yang berasal dari kabupaten-kabupaten yang berada di daratan Flores.

pak imamKegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala Bidang Dikmen Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Provinsi NTT, Bapak Ukar Marcelinus tersebut, bertujuan untuk menyamakan persepsi terhadap pentingnya jiwa kewirausahaan bagi siswa di sekolah, membangun komitmen bersama antara Kepala Sekolah, Kepala P4TK Malang, dan Dinas Pendikan setempat untuk implementensi materi Know About Business (KAB) di sekolah. Dengan persamaan persepsi dan terbangunnya komitmen bersama diharapkan tidak akan ada kendala di sekolah ketika implementasi di sekolah, serta mendapat dukungan penuh dari manajemen sekolah, yang pada akhirnya akan terbangun jiwa-jiwa wirausaha pada para siswa.

pesertaHadir dalam kegiatan workshop tersebut adalah Bapak Imam Sutadji, (Kepala P4TK/VEDC Malang), Ibu Idama Tiurria (Kepala Seksi Program P4TK/VEDC Malang), Lambertus Rua Raki (Kabid Dikmen Dinas PPO Kabupaten Ende), Antonius Diwa (Kasi Kurikulum Dinas PPO Kabupaten Nagekeo), dan Bapak Ukar Marcelinus sendiri sebagai Kabid Dikmen Dinas PPO Provinsi NTT.

pak imam-Pada kesempatan tersebut, fasilitator memperkenalkan metodologi pengajaran KAB yang berbasis pada ELC (Experiencial Learning Cycle) yaitu metode pengajaran yang berpangkal pada pengalaman. Maksudnya adalah siswa diajak untuk mengalami dulu untuk selanjutnya dijelaskan sesuai dengan materi atau topik yang sedang dibahas. Kegiatan ini cukup menarik dan terasa hidup karena semua peserta dilibatkan dalam permainan-permainan.

Kegiatan workshop diakhiri dengan penandatangan komitmen bersama tentang implementasi KAB di sekolah oleh Kepala P4TK Malang, Kepala Dinas PPO Provinsi NTT (diwakili oleh Kabid Dikmen), dan Kepala Sekolah yang hadir dalam kegiatan tersebut. Selanjutnya workshop ditutup secara resmi oleh Kepala P4TK Malang, Bapak Imam Sutadji tepat pukul 15.30 WIT pada tanggal 2 Juni 2009.

Mudah-mudahan Workshop KAB Awareness di Ende menjadi titik awal yang baik untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya.

salam,
suwadi

Entry filed under: 1. Tags: .

TOT Know About Business (KAB) dalam Berita TOT KAB di Timor Leste untuk Key Facilitator

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


PHOTO GALLERY

More Photos

CALENDER

June 2009
M T W T F S S
« May   Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

PENGUNJUNG

  • 27,290 hits

%d bloggers like this: