Business Game (2)

May 26, 2009 at 3:37 am 2 comments

suwadi-kupangUntuk kegiatan hari ini peserta diperkenalkan Business Game kedua. Business Game kedua ini sedikit lebih rumit dibandingkan dengan business game pertama. Pada Business game kedua ini diperkenalkan dengan adanya perusahaan ritel atau pengepul. Peserta tetap dibagi menjadi 3 kelompok. Dua kelompok bertindak sebagai perusahaan manufaktur, sedangkan 1 kelompok bertindak sebagai perusahaan ritel.

Selain diperkenalkan dengan adanya perusahaan ritel, di dalam permainan juga diperkenalkan adanya pasar bebas, bagan penawaran permintaaan. Sehingga, perusahaan manufaktur memiliki 3 pasar tempat menjual produknya yaitu, toko Sally, Pasar Bebas, dan Perusahaan Ritel.

Pasar pertama adalah toko Sally. Toko Sally memberi harga 80 dan itupun dibatasi maksimal hanya 3 produk yang ia terima. Ketiga adalah pasar bebas. Pasar bebas memberi harga 90 dengan jumlah tidak terbatas, tetapi kapan dibayar dan berapa akan dibayar, perusahaan manufaktur harus memutar roda keberuntungan. Sedangkan Pasar ketiga atau pasar terakhir ada perusahaan ritel atau pengepul. Berapa harga di pasar ritel atau pengepul dan kapan dibayar, bagaimana dibayar tergantung hasil negosiasi yang dilakukan antara kedua belah pihak.suwadi-kupang2

Untuk perputaran usahanya sama seperti permainan pertama yaitu dimulai dengan hari Kamis, dengan setiap perusahaan mendapatkan pinjaman sebesar 300 dari Bank. Selanjutnya pada hari Jumat untuk perusahaan manufaktur melakukan rencana, berapa produk yang akan dihasilkan dan akan dijual kemana saja. Sekaligus melakukan negosiasi dengan perusahaan ritel. Untuk perusahaan ritel merencanakan berapa produk yang akan mereka dapatkan dari perusahaan manufaktur.

Untuk hari Senin , perusahaan manufaktur membeli bahan baku produk yang akan diproduksi. Hari Selasa memproduksi, dan hari Rabu menjual produknya. Untuk perusahaan ritel menjual produk yang ia peroleh dari perusahaan manufaktur ke bagan permintaan dan penawaran pada hari Kamis.

Demikian seterusnya sehingga terjadi interaksi antara perusahaan-perusahaan yang ada sehingga permainan benar-benar menarik.

regards,
suwadi

Entry filed under: 1. Tags: .

Business Game (Permainan Bisnis) SMK Mentari Kupang telah Implementasi KAB (1)

2 Comments Add your own

  • 1. gunawan  |  July 18, 2009 at 11:52 pm

    mana ya photoku…pak…?????

    Reply
    • 2. suwadi ap  |  July 20, 2009 at 1:47 am

      pak gunawan,
      jangan kuatir pak, sabar ya.. ini sedang saya proses memasukkan foto2 sedikit demi sedikit..

      salam,
      suwadi

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


PHOTO GALLERY

More Photos

CALENDER

May 2009
M T W T F S S
« Mar   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

PENGUNJUNG

  • 27,290 hits

%d bloggers like this: