Suka Duka TOT KAB di Kupang

May 21, 2009 at 12:57 pm 2 comments

gameTidak terasa, aku di Kupang menginjak hari keempat untuk kegiatan Train of  Teachers (TOT) Know About Business (KAB) untuk guru-guru SMA yang berada di daratan Pulau Timor dan Rote. Dengan peserta sebanyak 58, berbagai macam suka dan duka sudah diterima.

Hari pertama, semua peserta masih menjadi satu dalam kelas yang sama belum dibagi menjadi 3 kelas. Setelah pembukaan secara singkat dilakukan oleh PPC ILO Kupang, bapak Fauzan Adhima, materi kemudian masih berkisar tentang hal-hal yang bersifat umum yaitu tentang penyampaian program diklat, tujuan diklat, membuat kesepakatan dengan peserta mengenai aturan-aturan di dalam kelas, melakukan pre-test, dan perkenalan.

Hari pertama masuk, sudah ada peserta yang ijin karena sakit. Yach… apa boleh buat, mau tidak diijinkan nanti menular ke peserta lainnya. Apalagi penyakitnya cukup berbahaya bisa menular ke orang lain yaitu sakit cacar air. Tapi hebatnya peserta tersebut tetap nekad pingin masuk kelas meskipun kondisinya belum betul-betul sembuh. Selain ada yang sakit cacar air, ada lagi peserta yang sakit demam. Mungkin karena masih capek akibat perjalanan jauh dari luar kota sehingga kondisinya menurun. Ada lagi yang lainnya, flu dan pilek. Pokoknya hari pertama adalah hari yang penuh ujian,:)

Hari kedua, ada peserta yang tiba-tiba mengundurkan diri karena ada keperluan yang sangat penting yang tidak bisa diwakilkan. Tapi syukurnya dia langsung ada penggantinya, sehingga tidak mempengaruhi pengurangan jumlah peserta. Selain itu, beberapa peserta dari dalam kota baru datang atau baru gabung di kelas karena alasannya tidak menerima undangan, dan baru mengetahui ada undangan diklat tadi pagi. Hiks… padahal sudah dua minggu yang lalu aku ngirimnya lho…

Hari ketiga, setelah selesai kegiatan seperti biasa aku mampir masjid. Waktu itu pukul 17.00, aku tidur di masjid karena capek sekali, tanpa ganti baju sambil menunggu adzan maghrib. Tiba-tiba ada peserta yang mencari aku mengatakan kalau mau ijin 3 hari karena ada urusan yang tidak bisa ditinggalkan. Hah, 3 hari ??? Ya langsung saja aku putuskan, daripada ijin 3 hari lebih baik tidak usah kembali lagi saja, alias dicoret dari daftar peserta.

Hari keempat, bila hari pertama dan kedua peserta kelihatan gelisah, dan tidak kerasan untuk tinggal di kelas, maka pada hari keempat ini keadaannya berubah. Peserta sudah bisa mengikuti kegiatan TOT dengan baik, dan bisa menikmati kegiatan dengan sempurna. Hal ditunjukkan dengan suasana kelas yang hidup dan tidak mengantuk karena peserta antusias mengikuti materi. Dengan permainan-permaianan yang melibatkan seluruh peserta, tidak ada satu pesertapun yang tidak puas. Tetapi semua mengatakan bahwa kegiatan hari ini sangat berguna bagi pembelajaran di kelas.

thanks,

suwadi

Entry filed under: 1. Tags: .

Belajar Bisnis itu MENYENANGKAN (1) Hari Kelima TOT KAB di Kupang

2 Comments Add your own

  • 1. fauzan  |  May 24, 2009 at 12:58 pm

    Luar biasa Pak Suwadi dan temen2 fasilitator KAB VEDC !

    tetep semangat !

    Reply
    • 2. suwadi ap  |  May 24, 2009 at 3:29 pm

      terima kasih pak Fauzan !
      terima kasih atas support yang diberikan selama ini oleh TIm PPC East Project di Kupang sehingga kegiatan berjalan dengan baik.

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


PHOTO GALLERY

More Photos

CALENDER

May 2009
M T W T F S S
« Mar   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

PENGUNJUNG

  • 27,290 hits

%d bloggers like this: