Membaca

October 10, 2008 at 7:26 am Leave a comment

Berapa lama anda biasanya bertahan duduk untuk membaca ? 1 jam ? 2 jam ? atau mungkin hanya kuat 5 menit. Coba kita bertanya kepada diri kita masing-masing secara jujur berapa lama kekuatan kita untuk duduk membaca sebuah buku.
Bukan sesuatu yang aneh sebenarnya bagi kita dalam hal membaca karena kita sudah terbiasa membaca sejak kita diperkenalkan dengan mengeja satu demi satu huruf-huruf oleh ibu kita atau bapak kita sebelum kita disekolahkan ke TK atau SD dengan harapan kita tidak ketinggalan dengan siswa lain. Setelah kita masuk sekolah kita dituntun dengan sabar oleh ibu guru untuk bisa membaca dengan lancar dan kemudian dituntun pula untuk memahami isinya.
Kita begitu giat waktu itu. Kesana kemari selalu membawa buku untuk terus membaca. Kadang kita mendengar orang tua kita atau saudara yang lebih besar tertawa mendengar kita membaca karena mereka bilang ada yang lucu kalau kita sedang belajar membaca. Riang dan ceria setiap waktu. Buku-buku apa saja kita coba untuk membaca apalagi kalau ada gambar yang menarik, seperti binatang, kendaraan, mobil, dan lain-lain.
Sekarang, ketika kita sudah dewasa, kita sudah matang, dan pula kita semakin cerdas dalam segala segi kehidupan, apakah suasana riang dan ceria masih kita punya setiap kali kita membaca ? apakah kita masih bisa melahap berlembar-lembar sekali duduk sekaligus memahami isinya ?
Banyak manfaat membaca yang bisa kita peroleh. Menurut Sumber :”Don’t be Sad”, DR. Aidh bin Abdullah al-Qarni, MA, manfaat membaca adalah :
1. Membaca menghilangkan kecemasan dan kegundahan.
2. Ketika sibuk membaca, seseorang terhalang masuk ke dalam kebodohan.
3. Kebiasaan membaca membuat orang terlalu sibuk untuk bisa berhubungan dengan orang-orang malas dan tidak mau bekerja.
4. Dengan sering membaca, orang bisa mengembangakan keluwesan dan kefasihan dalam bertutur kata.
5. Membaca membantu mengembangkan pemikiran dan menjernihkan cara berpikir.
6. Membaca meningkatkan pengetahuan seseorang dan meningkatkan memori dan pemahaman.
7. Dengan membaca, orang mengambil manfaat dari pengalaman orang lain: kearifan orang bijaksana dan pemahaman para sarjana.
8. Dengan sering membaca, orang mengembangkan kemampuannya; baik untuk mendapat dan memproses ilmu pengetahuan maupun untuk mempelajari berbagai disiplin ilmu dan aplikasinya dalam hidup.
9. Membaca membantu seseorang untuk menyegarkan pemikirannya dari keruwetan dan menyelamatkan waktunya agar tidak sia-sia.
10. Dengan sering membaca, orang bisa menguasai banyak kata dan mempelajari berbagai tipe dan model kalimat; lebih lanjut lagi ia bisa meningkatkan kemampuannya untuk menyerap konsep dan untuk memahami apa yang tertulis “diantara baris demi baris” (memahami apa yang tersirat).

Yuk, kita baca modul-modul KAB kita !

Entry filed under: Umum. Tags: .

Tentang kami Rencana Kegiatan Perdana di NTT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


PHOTO GALLERY

More Photos

CALENDER

October 2008
M T W T F S S
    Feb »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

PENGUNJUNG

  • 27,290 hits

%d bloggers like this: